Tuesday, April 28, 2009

Pilih Blogspot.com apa WordPress???

Blog Gratisan.., pilih yang mana ya..?! Blogspot.com apa WordPress.com?!

Kamu pengin punya blog tapi bingung mo pilih paltform apa.. Bingung..?! Jelas aja bingung.. Bayangkan, di internet terdapat ratusan penyedia layanan blog yang bisa kamu pilih. Namun dari sekian banyak pilihan itu, 2 blog terbesar dan paling banyak direkomendasikan adalah blogspot dan wordpress.

Masih bingung pilih yang mana..?! Blogspot.com (BS) apa WordPress.com (WP)?! Kalo kamu bukanlah seorang newbie, pasti kamu udah ga perlu bingung lagi.. :lol:

Dalam memilih suatu platform blog, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seputar blog dan kegunaanya sehingga kamu dapat menentukan blog jenis apa yang nantinya kamu pakai.

1. Saya ini newbie (pemula), blog mana yang tepat buat saya..?! tentunya blog gratisan aja, kan baru buat latihan..!!
Dua2nya bisa kamu coba cz dua2nya gratis dan mudah dipelajari sekalipun buat pemula.

2. Saya ga bisa desain grafis, tp saya pengin punya blog dengan desain cool and futuristic. Gimana neeh?!
Hmm.. WP menyediakan lebih banyak banyak themes/templates dibandingkan BS. Tampilan WP juga lebih bagus dibandingkan dg BS. Kecuali kamu pengin bereksperiemen dengan men-download themes/templates dari luar, maka antara WP dan BS adalah sama2 keren. (Tapi rumit kalo harus meng-install tempaltes BS dari luar. Tidak direkomendasikan bagi pemula).

3. Saya butuh blog dengan Page Navigation (Navigasi) yang jelas dan teratur.
WP menyediakan tampilan sebuah blog dinamis yang dilengkapi dengan Page Navigation (Home, AboutMe, Guest Book, Contact Me dll), sedangkan templates bawaan dari BS tidak dilengkapi dengan Page Navigation. Kecuali kalo kamu pake templates dari luar BS,maka kamu bisa menambahi Page Navigation, namun harus mengoprek kode HTML (merubah, mengedit, menambah, mengurangi serta memodifikasi). Contohnya Blog-nya Bu Asti.
Pada BS setidaknya harus menambahkan kode berikut untuk membuat Page Navigation:



4. Saya pengin melengkapi blog saya dengan fitur2 dan widget yang keren.
BS dan WP menyediakan beberapa fitur standar namun ada beberapa fitur yang tidak ditemui di BS seperti Akismet (penangkal/pem-block komentar yang bersifat SPAM), SnapPreview (kotak PopUp Preview pada sebuah link), Blog Stats, Kalender, dll. Dan untuk menambahkan di BS, akan butuh perjuangan keras. Lagi-lagi, contohnya adalah Blog-nya Bu Asti.

5. Kayaknya asyik juga ya bikin online diary, tapi…?!!
Dua2nya cocok kok buat Online Diary.

6. Kalo mo bikin blog buat toko online sederhana dan ga butuh promosi manual enaknya pakai apa ya..?!

  • WP sangat cocok untukmembuat toko online sederhana. Di samping themes-nya banyak, WP dilengkapi dengan Page Navigation dan lebih bershabat dengan Search Engine (khususnya Google! Search) sehingga kita tidak perlu susah2 melakukan promosi.
  • BS pada dasarnya merupakan bagian dari Perusahaan Google!, sehingga secara otomatis BS akan terindex oleh mesin pencari. Namun bukan berarti BS memiliki SERPs (Posisi di halaman hasil pencarian) yang bagus dibandingkan WP. Selain itu, WP juga dilengkapid engan fasiitas Otomatic Ping, dimana setiap kita mem-publish postingan baru, secara otomatis akan di-ping ke seluruh blogsphere sehingga lebih cepat diketahui blogger lain dan secara otomatis akan membantu SEO (Search Engine Optimation, yaitu Optimalisasi di Search Engine).

7. Get Paid to Blog.. mo dunk nge-Blog sekaligus nyari dollar… $$$
Kalo tujuan kamu nge-blog buat Make Money Online, maka BS jauh lebih tepat dibandingkan WP. Alasannya:

  • Terms and Conditions WP tidak memperbolehkan digunakan untuk kegiatan Make Money Online, affiliasi dll yang nantinya akan dianggap SPAM oleh Admin. Kalo dilanggar.. siap2 aja di-banned.
  • Tidak seperti BS yg bisa disisipi kode HTML, JavaScript, Sniplet dll; WP hanya bisa disisipi kode HTML. Padahal sebagian besar Program Make Money Online menggunakan kode JavaScript.
  • Kode HTML templates pada blogspot dapat di-modifikasi dengan mudah. Kalo WP ga bisa (bisa sih tp musti upgrade alias bayar dulu…)
  • BS compatible dengan beberapa program Make Money Online terutama yang berbasis PPC, CPM, PPP, and others.

8. Cara membuat/menulis posting..?!
Keduanya memakai sistem form WYSIWYG (What You See Is What You Get.. semoga aja ga kebalik, hee..). Intinya apa yang kamu liat, itulah hasil yang akan kamu dapatkan. Tetapi form di WP lebih lengkap dan tools-nya mudah digunakan (mirip di MS Word). Bisa memasukkan (menyisipkan) berbagai jenis file (file gambar, dokumen, e-book, multimedia dll.) ke dalam posting.

9. Form komentar dan form kontak di blog…
Secara default (tanpa memodifikasi), WP memiliki form komentar yang lebih mudah diakses dan digunakan dibandingkan BS. Selain itu, di WP kita bisa membuat form kontak yang menuju ke email kita hanya dengan menambahkan kode: [ contact-form ] (tanpa spasi)
Form kontak bisa dibuat di Posting atau pun Page.

Hmm..tetep bingung mo pilih yang mana. Kalo saya sampai saat ini memakai keduanya.. tergantung kebutuhan. Kalo sekedar buat online diary (just blogging) saya pribadi lebih suka WP (high recommended).

Selamat mencoba dua2nya, hee..hee.. Salam Blogger..!! ;)

No comments:

Post a Comment